CEOT 2013 Part 1



Ulil Albab-UB Malang, Pubkom
Sebagai refreshing di penghujung Semester Ganjil 2012/2013, HMTKTT FTI UII mengadakan kegiatan “Chemical Engineering on Tour 2013” atau biasa disebut “CEOT 2013”. Kegiatan ini merupakan study tour mahasiswa Teknik Kimia FTI UII ke sejumlah objek di Malang dan Bali. Mahasiswa tidak hanya berkunjung ke objek-objek wisata, tetapi juga ke perguruan tinggi dan industri. Pada CEOT 2013 lalu, mahasiswa yang ikut sebanyak 31 orang, terdiri dari angkatan 2009, 2010, 2011, dan 2012. Mahasiswa juga didampingi seorang dosen pendamping, yaitu Bapak Ir. Tuasikal M. Amin, M.Sn.
Sejak lepas maghrib, peserta rombongan CEOT 2013 sudah mulai berkumpul. Sebuah bus pariwisata merah berkapasitas 36+6 seat telah menunggu. Fasilitasnya antara lain AC, bantal-selimut, karaoke, dan film/video. Sambil menunggu peserta lainnya, barang-barang bawaan mulai dimasukkan ke bagasi bus. Setelah semua lengkap, sekitar pukul 20.00 WIB, rombongan pun berangkat. Rombongan dipandu oleh Mas Dante, guide dari jasa tour pengelola bus.
Bus terus melaju melewati Klaten, Solo, Sragen, Ngawi, Madiun, dan Kediri. Pagi-pagi sekali hari berikutnya, bus tiba di Kota Batu, Kabupaten Malang. Jam 5 pagi, rombongan beristirahat di Apple House Batu untuk menunaikan shalat shubuh, mandi, dan sarapan pagi. Menjelang jam 8, rombongan melanjutkan perjalanan ke tujuan pertama: Universitas Brawijaya (UB), Malang. Cuaca mendung, sesekali gerimis turun. Tidak butuh waktu lama untuk sampai di UB dari Batu, hanya setengah jam.
Beberapa rekan mahasiswa Teknik Kimia UB segera menyambut. Rombongan CEOT 2013 disuguhi snack, dibagi brosur Teknik Kimia UB, dan diterima di salah satu ruangan Fakultas Teknik UB. Sembari menunggu perwakilan dosen, terjadi obrolan ngalor-ngidul, antara lain seputar ITEK 2013 yang baru saja dilaksanakan di UII dimana salah satu pemenangnya adalah peserta dari UB. Sekitar jam setengah 10, Ibu A.S. Dwi Saptati N.H., ST., MT. memasuki ruangan. Beliau adalah salah seorang dosen di Teknik Kimia UB.
Acara dibuka dengan sambutan-sambutan, baik dari mahasiswa maupun dosen di kedua perguruan tinggi. Acara disambung dengan presentasi mengenai Teknik Kimia UB. Jurusan tersebut baru berdiri pada tahun 2011, sehingga baru ada dua angkatan mahasiswa di Teknik Kimia UB. Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Laboratorium Rekayasa Lingkungan. Ada tiga laboratorium yang sudah dimiliki Teknik Kimia UB. Dua lainnya adalah Rekayasa Produk Hayati dan Rekayasa Perminyakan dan Energi.
Sesampainya kembali di ruangan fakultas, waktu yang tersisa digunakan untuk dialog atau komunikasi lepas antara mahasiswa Teknik Kimia UII dan Teknik Kimia UB. Secara garis besar, Teknik Kimia UII ingin tahu apa saja yang ada di Teknik Kimia UB, sehingga dapat diambil sebagai pelajaran. Sebaliknya, Teknik Kimia UB ingin tahu alasan dari kunjungan Teknik Kimia UII, mengingat jurusan mereka masih terbilang baru. Mahasiswa saling bertukar informasi, antara lain alasan satu sama lain memilih masuk Teknik Kimia selepas SMA, penelitian apa saja yang telah dilakukan, dan lain-lain. Sesekali, dialog tersebut diselingi canda dan gelak tawa.
Bapak Ir. Bambang Poerwadi, MS bergabung di tengah berlangsungnya dialog. Beliau yang juga salah seorang dosen di Teknik Kimia UB menerangkan, salah satu kekurangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adalah kurangnya sentuhan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). “Inilah salah satu alasan yang mendasari UB mendirikan Teknik Kimia,” kata Pak Bambang. Dari UII, Pak Amin turut berbagi cerita tentang kampus UII, “Teknik Kimia UII itu Teknik Kimia paling unik sedunia karena ada dua konsentrasi, Teknik Kimia dan Teknik Tekstil.”
Salah satu hal yang ingin diketahui kawan-kawan Teknik Kimia UB adalah mengenai himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) di Teknik Kimia UII. Ketua HMTKTT FTI UII, Natalia Ratnasari, yang juga peserta rombongan CEOT 2013 kemudian maju untuk memaparkan sedikit tentang HMJ di Teknik Kimia UII. Pertemuan singkat itu akhirnya disempurnakan dengan saling tukar cinderamata dan sesi foto bersama. Pukul 12.00 WIB, rombongan CEOT 2013 kembali melanjutkan perjalanan.
“Terima kasih atas sambutan hangat teman-teman Teknik Kimia UB, kami tunggu kunjungan balasannya di Teknik Kimia UII…”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Buku Wajib bagi Mahasiswa Teknik Kimia

Jamtek 2012 Indoor Hari Pertama