Jamtek 2012 Indoor Hari Pertama



Auditorium FTI UII, Pubkom
Jambore Teknik Kimia (Jamtek) adalah kegiatan tahunan mahasiswa program studi (prodi) Teknik Kimia FTI UII. Jamtek berperan sebagai ajang perkenalan dan silaturahmi bagi Keluarga Besar Teknik Kimia FTI UII. Jamtek juga menjadi pintu bagi mahasiswa baru dalam memperkaya wawasan terkait Teknik Kimia dan Teknik Tekstil. Jamtek itu sendiri merupakan program kerja HMTK-TT FTI UII yang dilaksanakan dalam dua bagian, yaitu Indoor dan Outdoor. Kali ini, kepanitiaannya terdiri dari mahasiswa angkatan 2010/2011 dan 2011/2012.
Jamtek 2012 Indoor hari pertama dilaksanakan pada tanggal 05 Oktober 2012 di Auditorium FTI UII, Gedung K.H. Mas Mansur. Pesertanya berjumlah 130 orang yang merupakan mahasiswa baru Teknik Kimia FTI UII angkatan 2012/2013. Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne UII, serta penyampaian kata sambutan, antara lain dari Ketua OC Jamtek 2012, Ketua HMTK-TT FTI UII, Ketua LEM FTI UII, Ketua DPM FTI UII, Pihak Jurusan Teknik Kimia FTI UII, dan Pihak Dekanat FTI UII.
Acara disambung dengan Perkenalan Jurusan yang berisikan pemaparan mengenai profil prodi Teknik Kimia FTI UII. Harapannya, peserta lebih mengenal prodinya sehingga termotivasi dalam merancang strategi kuliah dan mendapat gambaran akan dunia kerja kelak. Acara tersebut juga diisi dengan sesi tanya jawab antara peserta dan pembicara. Bertindak selaku pembicara, yaitu Dra. Kamariah, M.S. selaku Ketua Prodi Teknik Kimia, Khamdan Cahyari, S.T., M.Sc. selaku Dosen Teknik Kimia Konsentrasi Teknik Kimia, dan Ir. Asmanto Subagyo, M.Sc. selaku Dosen Teknik Kimia Konsentrasi Teknik Tekstil. Di akhir acara, panitia membagikan doorprize berupa voucher berhadiah kepada peserta.
Supaya peserta tidak jenuh, acara berikutnya adalah Hiburan yang dibawakan oleh Teater Djemuran FTI UII. Parodi kisah Malinkundang yang masuk kuliah di Kampus FTI UII dipentaskan selama sekitar setengah jam. Peserta dipersilakan makan siang. Setelah itu, Jamtek 2012 Indoor hari pertama dijeda sejenak untuk waktu shalat Jum’at. Para peserta dan panitia laki-laki menunaikan shalat Jum’at di Masjid Ulil Albab, sementara para peserta dan panitia perempuan menunaikan shalat Zhuhur di Mushola FTI UII.
 Selepas shalat, acara dilanjutkan dengan Kunjungan Laboratorium. Para peserta dibagi menjadi empat kelompok yang diatur untuk mengunjungi semua laboratorium milik prodi Teknik Kimia. Harapannya, peserta mengetahui secara umum tentang laboratorium apa saja yang akan mereka gunakan dalam kegiatan akademik. Adapun laboratorium tersebut adalah Laboratorium Kimia Proses, Laboratorium Evaluasi Tekstil, Laboratorium Pengantar Teknik Kimia, Laboratorium Operasi Teknik Kimia, Laboratorium Komputasi Proses, dan Laboratorium Pertekstilan. Para laboran dibantu sejumlah asisten dipercayakan sebagai penyampai yang menjelaskan tentang apa saja yang ada di laboratorium.
Setibanya kembali di Auditorium FTI UII, acara terakhir sudah menunggu. Setelah panitia kembali bagi-bagi doorprize, acara diteruskan dengan Talkshow yang dikemas dalam format dialog interaktif. Topik yang dibahas adalah pengembangan ilmu pengetahuan yang berlandaskan keislaman dengan harapan agar peserta nantinya dapat mengaplikasikan ilmu yang dimiliki dengan tidak melupakan aspek keislaman. Pembicaranya adalah Agus Mansyur, S.T., M.Eng. yang juga Dosen Teknik Industri FTI UII. Dengan selesainya Talkshow, maka berakhirlah Jamtek 2012 Indoor hari pertama. Sebagai kenang-kenangan, dilakukan sesi foto bersama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Buku Wajib bagi Mahasiswa Teknik Kimia