Penjajagan dengan Dirjen IKM Kemenperin RI

Teknik Kimia FTI UII Penjajagan Kerjasama dengan Dirjen IKM Kementerian Perindustrian RI
Dra. Kamariah, MS Ketua Jurusan Teknik Kimia FTI UII
Dra. Kamariah, MS, Ketua Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII), menyatakan Nanas (Ananas comosus L.) umumnya dikenal sebagai sumber bahan pangan berupa buah nanas dan daun nanas mengandung serat yang cukup potensial sebagai bahan baku tekstil maupun non-tekstil. Berdasarkan pengalaman teknis dan berbagai penelitian yang terkait dengan serat nanas tersebut, Program Studi Teknik Kimia FTI UII pada hari Senin 19 Desember 2011 melakukan penjajakan kerjasama ke Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian RI di Jl Gatot Subroto Jakarta Selatan didampingi Asmanto Subagyo, M.Sc selaku Kepala Laboratorium Satellite Factory. Hal ini disampaikan saat diwawancarai oleh tim web FTI UII.
Kegiatan kerjasama yang ditawarkan oleh Program Studi Teknik Kimia FTI UII ke ke Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) berupa kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi IKM dan Wirausaha Muda khususnya yang berkaitan dengan Industri Nanas ataupun Industri Tekstil.
Dra. Kamariah, MS menambahkan bahwa secara tradisional usaha pemanfaatan daun nanas untuk diambil seratnya sudah lama dilakukan, hanya saja saat ini, serat daun nanas semakin memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan di Indonesia sebagai bahan baku tekstil. Usaha budi daya nanas perlu diikuti dengan pemuliaan varietas yang sesuai dan pengembangan teknologi prosesing serat. Pemanfaatan daun nanas dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan daya saing tanaman nanas.
Potensi produksi serat nanas di Indonesia cukup besar mengingat luas penanaman nanas mencapai lebih 80 ribu hektar. Proses ekstraksi serat nanas dilakukan secara manual maupun dengan mesin dekotikator. Tekstil dari serat nanas memiliki sifat-sifat: sangat kuat, tipis, halus, dan perawatannya mudah. Pemanfaatan serat daun nanas dapat juga memberikan nilai tambah tanaman nanas sehingga berpotensi meningkatkan pendapatan petani, ujar Dra. Kamariah, MS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Buku Wajib bagi Mahasiswa Teknik Kimia

Jamtek 2012 Indoor Hari Pertama