PPs FTI UII: Mahasiswa Aplikatif & Inovatif

PPs FTI UII: Mahasiswa Dituntut Aplikatif & Inovatif
Dr. Sri Kusumadewi, S.Si., MT Program Pascasarjana FTI UIIMahasiswa saat ini dituntut untuk melakukan penelitian-penelitian yang aplikatif dan inovatif. Sehingga kelak para lulusannya tidak hanya untuk mendaftar menjadi pegawai, namun juga dapat menjadi konsultan maupun pengusaha. Hal itu dikatakan Direktur Program Pascasarjana  Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (PPs FTI UII) Dr Sri Kusumadewi SSi MT. "Peluang itu masih sangat luas dan cukup prospektif. Hal ini merupakan value added bagi mahasiswa itu sendiri, karena telah mendapatkan keseimbangan antara ilmu terapan dan pengalaman langsung yang aplikatif," kata Sri Kusumadewi.
Untuk itu, saat ini PPs FTI UII terus mendorong mahasiswanya untuk melakukan penelitian yang aplikatif dan inovatif tersebut. Menurutnya, ada salah satu lulusan terbaik dari Magister Teknik Industri PPs FTI UII, Evi Dwi Rizkia yang diwisuda pada hari Sabtu 10 Desember 2011. Penelitian yang dilakukan adalah penentuan desain layout pada retail.
"Itu menarik karena saat ini persaingan antara retail modern dan retail lokal sangat ketat, sehingga perlu strategi untuk bertahan atau mengembangkan usahanya. Pengalaman yang sangat berharga bagi Evi adalah, selain mendapatkan gelar master juga mempunyai nilai tambah sebagai profesional yang mampu bekerja sebagai freelance consultant dengan memberikan jasa layanan dari pengalaman Penelitiannya tersebut," jelasnya. Sedangkan menurut hasil riset Evi, salah satu kelebihan dari retail modern adalah pada penataan tata letak produk. Sementara retail lokal belum menerapkan adanya planogram yang baku sehingga tidak ada standar tata letak produk yang sesuai dengan perilaku konsumen yang dapat memberikan kenyamanan dalam pencarian produk.
* Wawancara Dr Sri Kusumadewi, S.Si, M.T Direktur Program Pascasarjana, Fakultas Teknologi Industri UII
* Publikasi SKH Kedaulatan Rakyat Halaman 23, Sabtu 10 Desember 2011

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Buku Wajib bagi Mahasiswa Teknik Kimia

Jamtek 2012 Indoor Hari Pertama