Teknik Kimia FTI UII Latih Calon Transmigran

Teknik Kimia FTI UII Latih Calon Transmigran Asal DIY untuk Memanfaatkan Serat Daun dan Batang
Pelatihan Memanfaatkan Serat Daun dan BatangIndonesia secara geografis termasuk Negara sub-tropis yang oleh sang pencipta diberi kekayaan berupa kekayaan  flora dan fauna serta kekayaan hayati  sangat melimpah dan mudah di dapat karena iklim yang sangat mendukung. Tanaman atau tumbuhan tersebut berkembang cukup subur dan terdapat  hampir di seluruh Indonesia. Kita harus bersyukur kepada Illahi Sang Pencipta karena telah melimpahkan berbagai sumber alam yang tumbuh sangat subur dan mudah  di dapat, salah satu diantaranya adalah tanaman-tanaman yang mengandung serat; seperti tanaman sisal (agave), nanas, pandan dan pohon yang berserat seperti; pohon rami, jute dan lain sebagainya kekayaan alam yang harus dipelihara dan diolah menjadi suatu produk yang bernilai ekonomi serta bermafaat untuk kesejahteraan rakyat.
Demikian yang disampaikan Dra. Kamariah, MS. selaku Ketua Jurusan Teknik Kimia FTI UII, ketika membuka acara  “Pelatihan Pengolahan Serat Daun dan Serat Batang Untuk Bahan Baku Berbagai Jenis Produk Kerajinan Kreatif”. Pelatihan yang digelar pada tanggal 21 November 2011 tersebut diikuti oleh 25 orang calon transmigran yang berasal dari Provinsi DIY.
Kegiatan ini digelar dalam rangka program pengabdian pada masyarakat kerjasama antara Jurusan Teknik Kimia FTI UII dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DIY.  Kegiatan tersebut dilaksanakan di Laboratorium Pertekstilan Jurusan Teknik Kimia FTI UII dan dihadiri oleh Tim Pengabdian pada Masyarakat Teknik Kimia FTI UII serta Dra. Sri Susanti (Kepala Seksi Kesehatan dan Pembekalan Transmigrasi).
Pelatihan tersebut diisi dengan materi terkait: cara pengolahan serat daun, cara pemisahan serat dengan dekotikasi, proses pemasakan serat (degumming), cara pemasakan serat dan cara anyam-anyaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Buku Wajib bagi Mahasiswa Teknik Kimia

Jamtek 2012 Indoor Hari Pertama