Apa Saja Kegiatan BKKMTKI?



       Auditorium FTI UII, Pubkom
Salah satu hal yang diutarakan dalam acara PBD, saat progress report PD BKKMTKI 3, adalah Sosialisasi BKKMTKI yang menjadi proker Sekda. Sosialisasi tersebut sasarannya kepada mahasiswa baru agar mereka tahu bahwa di Teknik Kimia ada BKKMTKI. “Setelah kroscek ke mahasiswa baru, masih banyak yang belum tahu. BKKMTKI sebaiknya bukan sebatas dikenal, tapi lebih ke apa kegiatannya supaya lebih dikenal,” ujar Rizki Laksono, salah seorang delegasi UGM. Oleh karena itu, berikut ini diulas apa saja yang menjadi progress report dari proker tiap-tiap PD.
Dimulai dari Sekda. Pertama, Koordinasi Internal Pimpinan Daerah yang dilakukan untuk mengkomunikasikan antar PD Daerah 3 guna mengontrol keberlangsungan tugas masing-masing PD. Kedua, Koordinasi Sekda dengan Ketua Himpunan Mahasiswa (HM) Teknik Kimia di perguruan tinggi Daerah 3 untuk mengkoordinasikan kegiatan HM yang butuh bantuan BKKMTKI. Ketiga, Sosialisasi BKKMTKI untuk memperkenalkan BKKMTKI kepada mahasiswa baru Teknik Kimia.
Progress Report PD Pubkom
Selanjutnya, PD Pubkom yang berkaitan dengan informasi dan publikasi. Ada grup facebook, milis dan web, mading, jarkom rutin via sms, dan twitter. Sejumlah media itu digunakan sebagai wahana transfer informasi tentang BKKMTKI dan hal-hal terkait bidang keteknikkimiaan, melalui dunia digital (dunia maya). Media digunakan pula sebagai sarana diskusi antar anggota BKKMTKI. Adapun mading berupa poster dokumentasi kegiatan BKKMTKI yang didistribusikan ke tiap-tiap HM. Banyaknya social media (sosmed) sempat dipertanyakan oleh Bian Arif, salah seorang delegasi UAD, sosmed dinilainya terlalu banyak. Hal ini dijawab oleh Wicak selaku PD Pubkom, “Banyak sosmed karena tiap orang bukanya beda-beda. Banyak sosmed tapi informasinya saling melengkapi.”
Beranjak ke PD Pengmas dengan proker antara lain Aksi Tanggap Bencana, Bakti Sosial (baksos), Gerakan Infaq, dan Masyarakat Mandiri Teknologi. Acara PBD membahas format baksos agar lebih mengena, baik di kalangan mahasiswa Teknik Kimia maupun di masyarakat. Pengmas dinilai untuk lebih aktif membantu baksos yang juga jadi kegiatan HM, khususnya dalam hal pendanaan. Pengmas juga diminta bantuan untuk baksos HM yang berupa pelatihan keterampilan. “Nanti akan kami sediakan kotak infaq di setiap HM untuk mengelola dana keperluan baksos,” tutur Sunu selaku PD Pengmas.
Menyampaikan Pendapat
Kemudian, PD Ristek yang mempunyai proker bernuansa sains dan teknologi. Ada Forum Ilmiah berupa “Forum Ristek Indonesia” sebagai grup di facebook, Pengumpulan dan Pendistribusian Informasi Keteknikkimiaan seperti jurnal, e-book, dan prociding (telah diterbitkan di Mading CTN Edisi III – Desember 2012), Kegiatan Ilmiah Kompetitif, Ristek For Care, Studi Eksekusi (SE), dan BKKMTKI Award. Hal yang dibahas Dian selaku PD Ristek adalah soal SE. Secara garis besar, SE serupa kunjungan industri dimana SE melakukan kunjungan pabrik. Dalam waktu dekat, SE berencana dilakukan di Semarang karena banyak opsi pabrik yang bisa dipilih. Untuk penanggung jawabnya, akan dibahas kemudian setelah konsep acara jadi.
Berikutnya, PD Sekor yang digawangi Yoshi, dengan proker Tertib Adiministrasi dan Keskretariatan, Kaderisasi, dan Penyusunan Aturan Baku LPJ dan MoU. PD Sekor juga bertanggung jawab atas pertemuan rutin BKKMTKI, seperti Pertemuan Rutin Berkala (PBD), Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda), dan Musyawarah Daerah (Musda). Menurut jadwal, PBD diadakan tiap tiga bulan sekali dengan tempat (tuan rumah) menyesuaikan. Sementara Rakorda, akan direncanakan pada Mei 2013 di UNDIP. Sedangkan Musda, dijadwalkan Mei 2014 di UMP. Sebuah usulan dilontarkan Khoiruzzacky, salah seorang delegasi UII, agar format acara PBD lebih ringan, tidak terlalu formal.
Ketiga PD terakhir adalah PD P dan K, PD HAL, dan PD Danus. Proker PD P dan K, di antaranya yaitu Pelatihan dan Seminar, Pendataan Fasilitas Laboratorium, Pengumpulan Database Materi, serta Info Lowongan Kerja dan Beasiswa. Proker HAL di antaranya yaitu Pelatihan Software yang menjalin kerja sama dengan instansi terkait dan Pengumpulan Database pengurus aktif maupun yang sudah tidak menjabat (alumni BKKMTKI). Lalu, proker Danus di antaranya Iuran Wajib, Dana Abadi, dan Tambahan Dana. Pada proker Tambahan Dana, lebih mengarah ke wirausaha seperti pengadaan batik dan penjualan pisang coklat.
Jaya Teknik Kimia Indonesia!
Demikian ulasan kegiatan BKKMTKI yang didasarkan pada progress report PD dalam acara PBD, 29 Desember 2012. Harapannya, mahasiswa Teknik Kimia khusunya di semua perguruan tinggi Teknik Kimia Daerah 3 (Jateng-DIY) tidak hanya tahu nama BKKMTKI, tetapi juga paham apa saja kegiatan yang menjadi lingkup BKKMTKI. Sebagai catatan, proker-proker yang telah direncanakan butuh kerja sama seluruh pengurus dan anggota. Hal tersebut tidak lain demi suksesnya BKKMTKI itu sendiri.
Viva BKKMTKI! Jaya Teknik Kimia Indonesia!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Buku Wajib bagi Mahasiswa Teknik Kimia

Jamtek 2012 Indoor Hari Pertama