ITEK 2013 Part 4



Auditorium FTI UII, Pubkom
Atur acara Semnas ITEK 2013 akhirnya memasuki sesi yang paling ditunggu-tunggu, khususnya bagi para finalis LKTI ITEK 2013. Acara terakhir adalah pengumuman para pemenang. Dimulai dari pemenang ketiga, kedua, dan pertama, HMTKTT FTI UII turut mengucapkan selamat atas keberhasilan tersebut:

Pemenang I. Dita Agustina dkk.
Asal: Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.
Pembuatan Biodiesel dari Alga dengan Menggunakan Gelombang Microwave sebagai Bahan Bakar Alternatif.”

Pemenang II. Ainun Silvia Jayanti dkk.
Asal: Universitas Brawijaya (UNIBRAW) Malang
“Pemanfaatan Tinta Sotong (Sepia officinali) dan Limbah Teh Hitam (Camellia sinensis) sebagai Fotosensitiser untuk Peningkatan Energi Listrik Tenaga Surya.”

Pemenang III. Ayu Fahimah Diniyah Wathi dkk.
Asal: Universitas Brawijaya (UNIBRAW) Malang
 “Katalis Fischer Tropsch Lapindo: Inovasi pada Proses Katalitik Biomassa sebagai Alternatif Diversifikasi Energi (Biodiesel).”

Dari kiri ke kanan: Pemenang III, Pemenang II, dan Pemenang I

Ditemui setelah sesi foto bersama para pemenang, Dita Agustina menuturkan bahwa dirinya sudah sering mengikuti lomba-lomba serupa. Mahasiswi Teknik Kimia ITS 2010 ini telah menjuarai sedikitnya 5 lomba dan akhirnya berhasil menjadi pemenang pertama pada LKTI ITEK 2013. Ketika ditanya alasannya mengikuti lomba, Dita menjawab, “Salah satunya karena dipaksa, jadi kalau di ITS ada budaya dipaksa ikut lomba sama senior, bagus sih, kita jadi punya pengalaman dan bisa mengaplikasikan keilmuan kita.” Dita menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh Panitia ITEK 2013 karena sudah memberikan pelayanan sangat baik kepada para finalis.
Sementara Eko Hardianto, pemenang asal UNIBRAW menuturkan, dirinya mengikuti LKTI ITEK 2013 sebagai sarana belajar. Mahasiswa Manajemen Sumber Daya Perikanan UNIBRAW 2011 ini menjadikan lomba-lomba serupa sebagai langkah awal dalam mewujudkan suatu karya yang kelak bisa dihargai sebagai milik bangsa. Eko dan teman-temannya pernah menjadi finalis LKTI di perguruan tinggi lain, seperti di Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar. Menurut Eko, servis panitia di UII adalah yang paling bagus di antara LKTI yang pernah diikutinya, apalagi ini baru kali pertama Teknik Kimia UII mengadakan LKTI.
Sekali lagi, HMTKTT FTI UII mengucapkan selamat. Terima kasih kepada seluruh peserta dari berbagai perguruan tinggi yang telah berpartisipasi. Bagi yang belum berkesempatan jadi pemenang, janganlah berkecil hati. Semua ide tentunya bagus dan bernilai positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan, namun tentunya yang paling bagus yang jadi pemenangnya.
Ora et labora!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Buku Wajib bagi Mahasiswa Teknik Kimia

Jamtek 2012 Indoor Hari Pertama