Jamtek 2012 Outdoor

 

Buper Sekipan, Pubkom
Sepekan berlalu sejak Jamtek 2012 Indoor usai. Sepekan yang digunakan peserta untuk mempersiapkan keperluan Jamtek 2012 Outdoor. Sepekan pula yang digunakan panitia mempersiapkan seluruh rangkaian acara Jamtek 2012 Outdoor. Acaranya digelar pada tanggal 13-15 Oktober 2012, bertempat di Bumi Perkemahan (Buper) Sekipan, Tawangmangu, Jawa Tengah. Peserta Outdoor sedikit menurun dibandingkan Indoor, yaitu berjumlah 114 orang.
Acara dimulai dengan pelepasan peserta yang dilakukan di Kampus UII Terpadu. Dengan menggunakan tiga armada bus, peserta lalu diberangkatkan menuju dua lokasi pabrik, yakni pabrik kimia dan pabrik tekstil. Acara pertama adalah Kunjungan Industri dimana peserta akan meninjau secara langsung proses produksi yang terjadi dalam suatu industri. Peserta akan dikenalkan dengan unit-unit proses yang ada di suatu pabrik agar memperoleh pemahaman dan gambaran utuh tentang pekerjaan seorang sarjana Teknik Kimia dan Teknik Tekstil.
Adapun dua pabrik yang dimaksud adalah PT. Sinar Sakti Kimia (SSK) yang berlokasi di Sukoharjo, Jawa Tengah, selaku pabrik kimia dan PT. Sri Rejeki Isman (Sritex) yang berlokasi di Sukoharjo, Jawa Tengah, selaku pabrik tekstil. Pabrik SSK memproduksi waterglass atau sodium silikat yang digunakan untuk kebutuhan pabrik kimia lain, seperti keramik, sabun, kertas, deterjen, dan material konstruksi. Sedangkan Pabrik Sritex merupakan pabrik tekstil terintegrasi yang memproduksi benang, kain, sampai pakaian jadi. Produk andalannya adalah seragam tentara yang telah disertifikasi NATO, dengan pasar internasional ke lebih dari 18 negara, antara lain Jerman, Inggris, Uni Emirat Arab, Austria, dan Swedia.
Dari lokasi pabrik, peserta menuju Buper Sekipan. Sekitar pukul lima sore, peserta tiba dan disambut oleh panitia dan kakak angkatan yang telah lebih dulu tiba di Sekipan. Setelah melalui pengecekan barang bawaan demi alasan keamanan, peserta dipersilakan istirahat di tenda pleton yang telah disediakan. Peserta juga dipersilakan menunaikan shalat maghrib, makan malam, dan shalat ‘isya’.
Selepas ‘isya’, acara selanjutnya adalah Jelajah Alam (JA). JA bertujuan menjalin kebersamaan antara peserta, panitia, kakak angkatan, serta alumni. Acara ini berupa perjalanan malam yang dilakukan dari base camp hingga flying camp. Peserta yang sudah dibagi ke dalam delapan kelompok mulai meninggalkan base camp sekitar pukul delapan malam dan sampai di flying camp sekitar pukul satu dini hari. Setelah membuat bivak (tenda sederhana), peserta dipersilakan tidur. Melalui JA ini, peserta dikenalkan dengan alam yang menantang kreativitas mereka ketika hidup di alam terbuka.
Pagi harinya, peserta turun dari flying camp menuju base camp. Setelah shalat dan makan siang, peserta dipersilakan istirahat melepas lelah di dalam tenda pleton. Acara berikutnya berlangsung di sore hari, yaitu JA Highlights. Di sini, peserta  berbagi cerita tentang apa yang ditemuinya selama JA dan didiskusikan bersama dengan panitia dan kakak angkatan. Hal ini bertujuan agar peserta betul-betul mendapatkan pelajaran dan pengalaman dari JA yang baru saja dilakukan.
Malam harinya, acara disambung dengan Inagurasi. Baik peserta, panitia, dan kakak angkatan, berkumpul di luar tenda yang di tengahnya menyala api unggun. Dengan ditemani hangatnya api unggun dan renyahnya makanan ringan, para peserta Jamtek 2012 menampilkan apresiasi seni, seperti menyanyi, berpuisi, dan lain-lain. Pada acara ini, juga dilakukan perkenalan peserta dan panitia. Di tengah berlangsungnya Inagurasi, Ir. Sukirman, M.M. (Pak Kirman) selaku Sekretaris Jurusan Teknik Kimia FTI UII datang dengan ditemani M. Susilo Atmojo (Mas Susilo) selaku Staf Jurusan Teknik Kimia FTI UII. Pak Kirman dan Mas Susilo ikut bergabung di tengah suasana, bahkan Mas Susilo sempat berjoget bersama dengan salah satu kelompok yang membawakan lagu “Aku Bukan Bang Toyib” yang dipopulerkan Wali Band. Malam Inagurasi ditutup dengan kembang api. Peserta kemudian dipersilakan kembali beristirahat di tenda masing-masing.
Pagi harinya, diadakan Senam Sehat untuk kebugaran tubuh selama setengah jam. Setelah itu, acara diteruskan dengan Outbond di sekitar area bumi perkemahan. Selepas itu, peserta, panitia, dan kakak angkatan, melakukan sarapan pagi bersama. Kemudian, acara disambung dengan Monumen Tekim yang merupakan acara terakhir dimana semua yang hadir di Jamtek 2012 Outdoor membubuhkan tanda tangan di spanduk yang telah disediakan panitia. Spanduk tersebut juga ditempeli foto-foto sebagai kenang-kenangan kegiatan Jamtek 2012. Menginjak pukul sebelas, dilakukan penutupan yang menandai tuntas sudah seluruh rangkaian acara Jamtek 2012, baik Indoor maupun Outdoor.
Semua kembali pulang ke Yogyakarta dengan asa untuk bertemu kembali di Jamtek tahun depan, Jamtek 2013.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Buku Wajib bagi Mahasiswa Teknik Kimia

Jamtek 2012 Indoor Hari Pertama