Integrasi Prinsip TK dalam Simulasi PIK


Integrasi Prinsip Teknik Kimia dalam Simulasi Proses Industri Kimia
(Perancangan Pabrik)


Pengantar
Tugas akhir (TA), atau sering disebut skripsi, di jenjang S1 Jurusan Teknik Kimia, yang bernama Perancangan Pabrik Kimia, sering kali menguras waktu, tenaga dan pikiran serta uang yang tidak sedikit dari para mahasiswanya. Mengapa demikian, karena dalam merancang sebuah pabrik adalah sebuah pekerjaan yang menyangkut banyak aspek dan harus melibatkan banyak praktisi. Tetapi dalam hal ini seorang calon chemical engineering di tuntut wajib menyelesaikan semua itu. Meskipun beberapa kendala yang akan dihadapi seperti:
Kesulitan untuk mendapatkan “physical properties” dari senyawa-senyawa kimia.
Kesulitan untuk mendapatkan data kinetika reaksi.
     Kesulitan untuk mendapatkan data-data lain, seperti pemilihan menara distilasi, pemilihan “reflux ratio” dari menara distilasi, pemilihan kondensor, (tegak atau datar ?), pemilihan katalisator, dan lain sabagainya
Flowsheet sebuah proses sebenarnya merupakan bahasa dalam proses-proses teknik kimia. Sebagaimana kerja sebuah karya seni, flowsheet dapat menjabarkan proses yang sudah ada atau sebuah hipotesa proses dalam sebuah detail yang cukup untuk menyampaikan beberapa fitur yang penting. Chemical engineer mempelajari flowsheet dari proses yang sudah ada dalam konteks untuk menangani trouble shooting, misalnya mencari mekanisme yang tidak berfungsi dengan baik atau dalam rangka ekspansi dan modifikasi sebuah proses. Hipotesa sebuah proses melibatkan bahan kimia baru atau sebuah modifikasi radikal dari proses yang sudah berjalan yang menimbulkan pertanyaan mengenai kondisi operasi, ukuran alat dan perkiraan keuntungan. Analisa atau simulasi adalah sebuah “tool” chemical engineer yang digunakan untuk menerjemahkan flowsheet sebuah proses, menentukan letak mal fungsi dan untuk memprediksi performa dari beberapa proses. HYSYS adalah simulasi proses desain untuk melayani beberapa industri proses, terutama industri minyak dan gas. Dengan HYSYS, anda dapat membuat model steady state dan dinamis untuk perancangan pabrik, monitoring kinerja, trouble shooting, improvisasi perencanaan bisnis dan manajemen aset.

Tujuan Pelatihan
Memberikan pengertian dasar konsep penyelesaian perhitungan Heat and Material Balance menggunakan software HYSYS,
Mengetahui tool-tool yang ada dalam HYSYS Steady State serta penggunaannya baik yang digunakan dalam proses sistem maupun utilitas sistem,
Menyusun suatu sistem proses atau plant dengan menggunakan HYSYS Steady State untuk membuat Heat and Material Balance
Pengenalan HYSYS Dynamics
Meningkatkan kualitas kompetensi akademik bagi mahasiswa dalam mendesign Perancangan Pabrik.   

Garis Besar Materi
Modul 1:  Termodinamika Teknik Kimia
Modul 2:  Neraca Massa & Energi
Modul 3:  Rekayasa Reaksi Kimia
Modul 4:  Operasi Teknik Kimia: Separasi (Flash Separation & Distillation)

Peserta yang direkomendasikan
Mahasiswa Teknik Kimia tingkat akhir/Sedang menyelesaikan tugas akhir

Trainer
Dr.Ir. Junius Hardy, MT
Senior Konsultan dan Trainer dalam Industri Proses, saat ini aktif sebagai instruktur di pelatihan simulator process serta Process Control seperti: Hysys, Chemcad dan lain-lain . Pengalaman beliau pernah menjabat di PT. Yupi Indo Jelly Gum dan Site Manager PT. Sekawan Envirotek Sistemindo, Jakarta. Koordinator Proyek Program Studi Teknik Kimia untuk Technological & Professional Skill Development Sector Project (TPSDP), Dosen di Universitas Pelita Harapan (UPH) dan Insitut Teknologi Indonesia (ITI).

Johansen Hasugian, ST
Education Chemical Engineering Sriwijaya University, Palembang-Sumsel. Working Experience : Process Engineer PT. Tripatra Engineers and Constructor Jakarta, Lead Engineers  PT. Titis Sampurna Jakarta, PT Unilever Indonesia Tbk Cikarang- Bekasi. Dan Saat ini aktif sebagai Konsultan untuk Proses Simulator dan Design Proses.  Beberapa Project yang pernah di tangani: Kawasan Industri Sumenep Sumekar, Batang Gas Utilization, Supply Gas to Tambak Lorok Pipeline 123 km  & Gas Booster ,Semanggi Flare Gas Utilization Project (CNG Project), Floating Production Storage Offloading (FPSO), Bukit Tua, Pengembangan Gas Jawa,  KPD –Tay Development , Pertamina RFCC Cilacap , Ditjen Migas Develop, PT. Flaris Energy, Develop of Engineering Design CNG Plant,PT. Maruta Bumi Prima, PT. Excelsior, PT. Adiprotek Envirodunia etc. 

Durasi Pelatihan
1 Hari (8 hours), dimulai pukul 08.00-16.00

Biaya registrasi
Mahasiswa Rp 400.000,00
Fresh Graduate Rp. 1000.000,00

Fasilitas
Sertifikat
Modul Pelatihan
Lunch+coffe break
Training Kit
Training diselenggarakan di Meeting room/workshop

Informasi Pendaftaran dan Promo
Hub      : 021 – 3280 5064, 3280 5074 (Jakarta), 0274 – 261 4678 (Yogyakarta)

Contact Person
Jakarta: 0813 8280 7230
Yogya : 0817 5450 679

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Buku Wajib bagi Mahasiswa Teknik Kimia

Jamtek 2012 Indoor Hari Pertama